Kawan Baru di Kampus Kembang

Kejadiannya hari ini di siang hari yang agak dingin dan kelabu. Kuliah selesai pukul setengah 13 dan akan disusul praktikum pemodelan pukul 15. Singkat kata, saya nganggur dua setengah jam. Terpikir untuk menyusul seorang teman ke Salman untuk ‘ngadem’ disana sekalian jalan-jalan menikmati padatnya suasana kampus.

Saya sedang berjalan di lorong labtek biru, mengutak-ngatik handphone mencari nomor teman untuk memastikan ia masih di Salman. Tapi saya tersentak kaget, tiba-tiba ada seorang laki-laki tak dikenal, tinggi, berkemeja biru, dan berwajah timur tengah menghadang jalan saya. Ia tampak terengah-engah dan kemudian bertanya, “dimana.. beli.. buku?”
kontan saja saya bingung, “…buku?”
“Buku.. untuk menulis, to write..”, jawabnya sambil memperagakan menulis pada telapak tangan kirinya.
Dari caranya menjelaskan, saya langsung tahu ia bukan anak Bandung –ini mahasiswa internasional. Terbukti oleh sebuah buku kecil yang sedari tadi di genggamannya, buku yang berjudul Dictionary Arabic-English.

“Emmm, dari sini lurus aja.. trus.. I mean, you go straight over there..”
Gimana ya, SUSAH BANGET ngejelasin letak TOKEMA. Buat anak baru 2010 aja susah, apalagi ngejelasin ke orang yang belum lancar bahasa lokal…. jadi…..
“……ah, never mind, saya antar aja ya”. Iya, saya memutuskan untuk mengantarnya ke tokema, ngga jadi ke salman.
Kami pun ke toko kecil serbaada itu. Saya langsung menuju tempat buku tulis dan dia… menghilang… Oh, ngga, ternyata dia nyari aqua dingin. Haha.

Selama berjalan kaki, kami sempat ngobrol-ngobrol, walaupun ada beberapa dialog yang kurang jelas karena bahasa Indonesianya patah-patah dan bahasa Inggris saya setengah-setengah. Sebutlah dia Bambang (nama disamarkan), dari Yaman dan baru di Bandung selama 6 bulan. Dia kuliah di sebuah jurusan di MIPA dan dapet beasiswa dari suatu perusahaan minyak di Yaman. Susah juga saya nanya program post graduate atau graduate, dia cuma jawab “akan kuliah di ITB selama 4 tahun,” yah anggep aja S1.

Dia nyeletuk, “Rumah makan, ya..” pas kita melewati KBL -kemudian saya koreksi jadi, “kantin”. Dia juga komentar kalo di Bandung seringnya hujan sore-sore, dia ngga bisa makan makanan Indonesia soalnya beda banget sama masakan di negaranya, dan dia juga bilang kalo nama saya mirip bahasa arab.

Begitulah pengalaman bersama kawan baru di koperasi kampus. Seru, tapi bikin bingung. Ternyata kuliah di kampus kembang bisa menemukan hal-hal langka seperti ini. Semoga Bambang bisa melewati hari-harinya di kampus kembang dengan tenang.

sekian
* * *

Dan Tuhan, kalo nanti saya ketemu mahasiswa Internasional lain, semoga mereka berasal dari Jupiter atau Neptunus. Soalnya saya penasaran.

Advertisements

8 thoughts on “Kawan Baru di Kampus Kembang

    • nurind says:

      wahaaa~ iyaaa, menarik kan :D

      Coba aja kapan-kapan yang dari Nigeria diajak ngobrol, kita tau kan rasanya gimana merantau di luar daerah sendiri :) Seneng bgt kalo ada yang baik sama kita..

  1. masukitb says:

    Halo,

    Salam kenal. Kami suka dengan tema tulisan kamu tentang pengalaman kamu di ITB.

    Begini, LPM ITB sedang membuat situs antarmuka untuk menjembatani mahasiswa- alumni ITB, dengan siswa SMU dari seluruh Indonesia, yang berminat ke ITB, untuk bisa bertukar informasi. Tujuannya, adalah untuk mengurangi kasus “salah pilih jurusan” sebelum memutuskan masuk ke ITB, juga membuat siswa SMU mengenal lebih dekat kehidupan mahasiswa ITB, dengan harapan, mereka bisa mengoptimalkan waktu belajarnya di kampus.

    Kami berusaha untuk mengurangi bias informasi seputar jurusan di ITB, bagi siswa SMU, sehingga mereka punya spektrum yang luas dan berimbang seputar disiplin jurusan, bahkan aktivitas mahasiswa ITB.

    Kalau Kamu bersedia, silakan berkunjung, berdiskusi, berbagi, dan jangan lupa untuk menjawab keingintahuan siswa- siswa SMU dari seluruh Indonesia, tentang ITB.

    Oh iya, tulisan ini juga bisa lho, kalau mau diposting .

    Regards,

    Layanan Produksi Multimedia ITB
    http://www.masukitb.com
    http://multimedia.itb.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s