Pluralisme (Part 2)

warning: this posting contains SARA -kalo tidak suka, harap tidak dibaca-

Lagi-lagi isu pluralisme hadir hangat di percakapan sehari-hari. Dari video clip Coldplay yang ada siluet mesjid, sampai e-mail dari mahasiswa asing di milis-milis yang menyerukan ke-universal-an.

1. “…Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah, dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah, dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukku agamaku.” (QS.109:2-6)

Menurut saya ayat itu cukup jelas. Tidak ada peng’universal’an terhadap sesuatu yang disembah.

2. Di pelajaran PPKN, agama, juga jelas. Kita bisa bekerja sama antar agama dalam hal kemanusiaan. Seperti menolong korban bencana, memberi sumbangan harta, ilmu, keringat, tenaga, pikiran, pendidikan, fasilitas kesehatan, dan lain-lain. Apapapun itu kecuali dalam hal aqidah. Sesuatu yang sifatnya melingkupi seorang individu dengan Tuhannya, keyakinan yang dianutnya.

3. Kita sekarang hidup berdampingan antaragama. Rasulullah pun sama. Dan Islam selalu mengajarkan sikap santun, lembut, damai, adil terhadap semua manusia, namun tegas terhadap lifestyle muslim. Sekali lagi, adil terhadap semua manusia, tidak hanya muslim. Jadi ya silakan saja kita menjalani ibadah masing-masing, no hard feelings, dong..

Yah, saya mungkin memang orang yang tidak hafal sama sekali surat As-Saff, saya juga terkesan sok tahu dengan mengetik ini, dan juga terkadang saya langsung bangkit dari duduk setelah salam -gerakan terakhir dalam shalat. Tapi saya tahu setiap dari kita punya hak untuk beribadah, dan dengan tidak saling mengucapkan selamat (antar perbedaan ibadah) seharusnya bukanlah sebuah hal yang membuat hubungan dalam masyarakat menjadi ngga enak.

salam,
pis, laf, en gwl..
(we’re friends and that’s cool)
:D
buat semuanya, selamat liburan, selamat berkumpul dengan keluarga,
have a nice trip!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s