Pelatihan Administrasi dan Jaringan Web 2011



Apa yang biasa anda lakukan di minggu terakhir liburan semester? Ada diantara kita yang memaksimalkan liburan dengan lebih sering jalan-jalan atau pergi backpacking bersama teman-teman. Tapi ada pula yang cukup bersantai di rumah (atau kosan) meresapi waktu senggang dengan membaca novel, menulis blog sambil menikmati secangkir kopi. Selain mengarungi alam dan bersantai, ternyata lain lagi kegiatan yang dilakukan oleh 20 orang teman-teman kita di program studi Meteorologi ITB. Pada tanggal 17-21 Januari 2011 mereka mengikuti Pelatihan Administrasi dan Jaringan Web yang diselenggarakan oleh Tim Lab Komputasi Meteorologi ITB. Pemateri pelatihan admin ini adalah Zeki Fithra (Ka Zeki, Meteorologi ITB 2004) dan I Dewa Gede A Junnaedhi (Mas Jun, Meteorologi ITB 2001).

Hari pertama dimulai dengan banyak wawasan mengenai hardware komputer. Di meja peserta telah tersedia ‘jeroan’ komputer, mulai dari mainboard, processor, heat sink fan, HDD, RAM, Ethernet card, LAN card, DVD drive, kabel-kabel, dll yang kemudian peserta ditugaskan untuk merakitnya menjadi satu komputer PC utuh. Dilanjutkan dengan peng-install-an sistem operasi berbasis Unix: Free BSD sebagai Gateway server primer dan OpenSuse sebagai server sekunder.

Hari kedua meliputi penjelasan konsep-konsep dasar mengenai pembangunan jaringan. Penggunaan protokol TCP/IP, konsep pembagian kelas IP Address, perbedaan antara IP public dan IP private, manfaat membuat Subnetting dalam jaringan, dll.
Pada hari ketiga, materi lebih difokuskan pada shell scripting, DNS (Domain Name System), dan penginstalasian aplikasi Bind 94, pureFTP, postfix, apache22, dan PHP pada OS Free BSD dan juga aplikasi sejenis pada OS OpenSuse.

Tiga hari yang diwarnai dengan layar hitam-putihnya Free BSD dan OpenSuse tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti hari ke-empat. Karena hari itu dijelaskan mengenai security jaringan, tentang bagaimana jalan kerja port sehingga kita bisa melihat koneksi apa saja yang terbuka pada suatu komputer. Sampai disitu, peserta dapat menyimpulkan bahwa tidak ada yang benar-benar ‘rahasia’ ketika kita mengirim data antarkomputer dalam suatu jaringan. Pada hari keempat ini juga peserta diajarkan cara mengaktifkan website, FTP dan pengaturannya. Kemudian pelatihan hari itu ditutup dengan penjelasan mengenai Routing dan penerapan Routing Statik.

Pelatihan diisi dengan materi Routing Dinamik pada hari kelima. Routing Dinamik ini menggunakan OSPF sebagai protokol dan Zebra sebagai aplikasi routing. Selain routing, dijelaskan juga mengenai encryption, dan wawasan lainnya mengenai internet. Pada sesi tanya jawab, peserta dibebaskan bertanya apapun yang berkaitan dengan jaringan. Terakhir, sebagai feedback atas dilaksanakannya Pelatihan Administrasi dan Jaringan Web ini, Kepala Laboratorium Analisis Meteorologi ITB, Pak Tri Wahyu Hadi menugaskan para peserta untuk mengelola jaringan komputer di program studi Meteorologi.

“Banyak lulusan Meteorologi yang menjadi ahli IT,” kata Mas Jun. Jelas demikian karena pemodelan Meteorologi memerlukan komputer berkecepatan tinggi (super computer) untuk bisa running dan menghasilkan forecasting. Seiring dengan pengetahuan yang luas mengenai komputer tersebut dan didukung oleh pelatihan pembuatan jaringan, server dan lain-lain, dengan sendirinya mahasiswa Meteorologi pun juga menguasai IT.

Jadi, apa yang telah anda lakukan selama liburan semester kemarin? Menantang alam, merelaksasi diri, mempelajari ilmu baru, apapun itu semoga selalu bermanfaat untuk menghadapai hari-hari di depan karena setiap langkah kita tidak akan ada yang sia-sia.

***

*artikel ditampilkan juga di cirrus.meteo.itb.ac.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s