Percakapan Siang Hari

head2
Well, another story to share :)

“Saya berbakat dalam belajar bahasa asing. Sejauh ini sudah 5 bahasa: Prancis, Italy, Jerman, Inggris, dan Indonesia. Bahasa Indonesia sangat eksotis, benar-benar berbeda dengan bahasa lainnya. Misalnya saja bahasa inggris, saya bisa lancar berbahasa inggris tanpa pendidikan khusus lebih lanjut. Indonesia tidak bisa, struktur kalimatnya sangat kompleks.
Yang saya sesalkan mungkin faktor umur. Saat berumur 12 tahun, kita bisa dengan mudah mendengar, mengucapkan, mengingat-ingat. Tapi jika sudah berumur 40-50 tahun, segalanya berubah. Sekarang, apapun yang dipelajari, masuknya ke otak tidak semudah dahulu. Seperti bahasa Indonesia, saya baru mempelajarinya di usia sekarang. Jika tidak banyak dilatih setiap hari, saya akan cepat lupa. Hari ini saya ingat namamu Nurinda, tapi beberapa jam yang akan datang (setelah bertemu dengan banyak orang lainnya) mungkin saya akan lupa. Begitulah hidup. Dulu orang-orang bilang, “you’re very talented, you’re great….” tapi ketika sudah tiba saatnya, umur takkan berbohong. Jujur saja, sulit bagi saya menerima semua ini.”

Madame Erika. Beliau orang Prancis yang singgah di pameran fotografi yang kami selenggarakan tanggal 23 Maret 2011 kemarin. Beliau sangat suka hangatnya matahari di Bandung. Katanya cuaca di Bandung sangat pas, tidak terlalu panas seperti Jakarta tapi juga tidak terlalu dingin sampai harus pakai pakaian tebal.

“Ngomong-ngomong tentang usia, kemarin saya ke museum geologi. Begitu saya masuk, tiba-tiba orang-orang pengunjung disana ingin berfoto dengan saya! Hahahaha! Itu lucu sekali! Suddenly I was the actress of the museum! Sepertinya karena mereka belum pernah bertemu dengan bule sebelumnya. Hahahaha! Tapi itu jadi sangat lucu! Mungkin saya jadi sama menariknya seperti benda-benda tua yang ada di museum!”.

Kami berbincang dalam bahasa Indonesia, sesekali beliau bercerita dengan bahasa Inggris. She told her stories with huge excitements :)

“Sekarang saya harus ke CCF untuk booking tiket pesawat karena besok saya harus kembali ke Prancis…”
Percakapan siang itu berakhir, dan saya mendapat renungan yang sangat berharga: selagi muda, jangan kebanyakan istirahat :P Istirahatlah secukupnya, tapi nanti langsung bergerak lagi :)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s