Day #18; A Trial Conversation

Seperti malam-malam lainnya, malam ini kami keluar untuk makan malam di sebuah warung muslim.
“Ah! gimana nih? kita jalanin rencana kita?”
“Iye, ayuk jalan…”
“beneran ya??”
“sikat weh…”

Dan seperti biasa juga, di dekat jalan yang sedang dibaiki ada tukang-tukang yang nongkrong disitu. Hmmm, pasti disalamain dengan annoying lagi nih. Yep, karena udah bete parah merasa diolok-olok, kami berencana untuk bereaksi atas salam-salam itu. Plan A: react in a good, appropriate way.

mas-mas: “Assalamu’alaikum!”
Saya menoleh, kemudian memandang ketiga orang yang duduk di sana. Mereka bergeming. Kontan saja saya tersenyum dan menghampiri, “masnya muslim juga?”
Ketiganya masih diam. Tampak mas-mas yang tadi melengos, sepertinya kaget karena obyek yang diisengin malah balik nyamperin. Suasana cukup tegang, sampai salah satu diantara mereka -seorang bapak, menyahut
bapak: “Iya, dia muslim, dari jawa dia”
saya: “oooh, wa’alaikumsalam.. dari jawa mana, mas?”
mas-mas: “jawa”
saya: “jawa mana?”
mas-mas: “jawa.. tengah”
saya: “oooo”
bapak: “neng dari mana?”
saya: “kalo saya jakarta, pak”
bapak: “lagi liburan? berapa lama di sini?”
saya: “lagi kerja praktek, disininya sebulan. mari pak, mas, kami mau makan dulu”, sekali lagi kami tersenyum dan menganggukan kepala.
Ketiganya membalas, juga dengan senyuman dan anggukan.
-aman. no need to do plan B.

Mungkin kita sudah dongkol. Yah, namanya juga pikiran pendek manusia, pengennya langsung dilawan pake urat, haha. Tapi kemudian saya membayangkan chaos yang akan terjadi jika saya menunaikan perlawanan pake urat. Saya percaya bahwa semua manusia pada fitrahnya condong pada kebaikan. Jadi, apa salahnya kita dinginkan kepala dulu? Positifkan diri, karena positif itu bisa menular :)

“Aku adalah penjamin sebuah istana di taman surga bagi siapa saja yang menghindari bertikaian (perdebatan) sekalipun ia benar; dan (penjamin) istana di tengah-tengah surga bagi siapa saja yang meninggalkan dusta sekalipun bercanda” — (HR. Abu Daud dan dinilai hasan oleh Al-Albani)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s