Day #19; work

Hari ke-19! Akhirnya tersisa 18 hari lagi kami di sini.
Well, selama kurang lebih belasan postingan yang anda baca di wordpress ini, sepertinya yang ada hanya cerita pilu yang super membosankan ya? hihihi, seputar menjadi minoritas, ketemu bule sana sini, dan lain-lain. Bahkan saya belum menceritakan bagaimana kondisi kerja praktik kami, hehe…

Kami bekerja di tempat yang bisa melihat pesawat dari dekat. Sekali lagi, DARI DEKAT. ng, yah, oke, ngga se-‘dekat’ itu. Yang jelas, tentunya menyenangkan sekali bisa sering-sering lihat pesawat take off dan landing :). Kami terdaftar sebagai mahasiswa PKL (praktik kerja lapangan) di sebuah lembaga, sebutlah lembaga Z. Beberapa hari pertama kami diwarnai dengan mengunjungi dan diperkenalkan berbagai divisi yang ada. Dijelaskan juga beberapa hal secara ringkas di masing-masing divisi.

Bagian operasional forecasting & observasi kantor Z berlokasi di dalam lingkungan perusahaan A alias bandara. Oleh karena itu kami harus mengurus kartu pass untuk masuk ke tempat itu. Sekedar informasi, untuk masuk ke lokasi itu siapapun harus membuat kartu pass. Mengurus pass ternyata tidak semudah membalik telapak tangan. Apalagi untuk kami dari Bandung yang tidak diberitahu kalo kami harus membuat kartu pass yang butuh surat-surat lainnya. Kurang dokumen ini itu -ah intinya mah: ribet. Alhamdulillah kami dibantu banyak oleh bapak koordinator lembaga Z, kami cukup hanya mengisi beberapa surat. Dan juga mengisi tes! Iya! Bikin pass ini berasa seperti bikin SIM, lho.. ada tesnya, sodara-sodara! Tesnya seputar pengetahuan bandara. Apapula lah ini kami ngisi ngasal weh….

Setelah dirasa sudah beres, bapaknya pergi. Tapi ternyata bapaknya ngga tau kalo si mbak yang ngurusin pass nyuruh kami ke kasir. oemji, ternyata BAYAR, harus keluar duit lagilah sekian. hiks. cukup gede. Tapi tenang saja, ini bukan pungli kok, legal, ada kuitansinya (tapi tetep aja yang namanya duit ya tetep duit kaaan?).

Setelah beberapa hari, alhamdulillah urusan pass (anggep aja) beres. Mulai hari ke-4 akhirnya kami ngantor! Berangkat dari penginapan sekitar jam 9 pagi, jalan kaki 15 menit kami bisa langsung sampai di bandara. Seminggu pertama kami ditempatkan di bagian operasional forecasting. Nanya ini, nanya itu, ngobrol, sharing tentang bahan-bahan kuliah, gangguin orang, nonton drama korea, hehehehe… Back to topic: wah, kami jadi tau lebih banyak dokumen cuaca apa saja yang diperlukan untuk penerbangan. Dan ternyata lembaga Z tidak memiliki wewenang apapun dalam kebijakan kegiatan terbang. Operasional lembaga Z hanya terbatas pada penyediaan data cuaca untuk penerbangan. Data tersebut nantinya akan dimanfaatkan oleh ATC dan flight commander. Hmmm, ternyata sama sekali berbeda dengan yang kami bayangkan sebelumnya.

Ada yang namanya ATC (Air Traffic Control) itu polisinya lalulintas udara yang menentukan take off/landing pesawat. Kecuali kalo emergency, pilot bisa request special clearence, tapi diluar itu semua harus taat pada ATC. Nah, ATC ini kerjanya di Tower, sebelahan sama kantor forecasting. InsyaAllah minggu depan adalah jatah kami ke sana. Doakan ya :)

Mungkin terdengar menyenangkan sekali ya kerja praktik di sini? :) bisa sering-sering ke pantai, sekalian wisata sana-sini *hehe, bikin sirik orang lain. Di postingan ini saya cuma mau bilang kalo ngga semua yang kalian bayangkan tentang pengalaman kami ini semuanya indah. Mungkin yang udah tau ceritanya dari salah satu dari kami pasti ngerti ya :’)
“Bitter-sweet”, kalo saya boleh mengistilahkan. Walaupun ada banyak pengalaman yang tidak mengenakan, kami tetep dapet foto yang keren-keren kok, hehehehe B-)

Mau KP disini? Pokoknya persiapan harus matang, kalopun persiapan sudah dirasa oke, siap-siaplah keluar dana lagi. Kalo boleh mengutip perkataan salah satu diantara kami, ada yang bilang, “Ngga usah lagilah ada yang KP disini!”. Karena yang jelas sih birokrasinya tidak semudah jamannya senior-senior kita dahulu. :'(

Advertisements