Kereta

I’m sorry for the lack of updates. Kalau begitu, mari saya ajak naik kereta sejenak.

nuririn.wordpress.com

Saya selalu senang menganalogikan kehidupan itu seperti naik kereta. Kenapa kereta? Karena getarannya yang khas selalu terasa di kaki. Jusjus.. jusjus…

Di kereta, kita bisa mendapat pengalaman baru. Kita berteman dengan orang-orang seperjalanan, bertemu orang-orang baru, bercanda tawa, bertukar cerita dengan mereka, kalau sial bisa saja malah saling diam atau adu mulut. Sial maupun tidak sial, dari orang lainlah kita mendapat perspektif baru mengenai hidup. Tidak lagi mondar-mandir dalam tempurung. Bahkan bisa juga mengintip melalui jendela orang lain.

Di kereta, kita melewati tempat-tempat baru. Lihat ke kaca kanan, lihat ke kaca kiri. Kadang pemandangan tertutup kabut, pepohonan, atau terhalangi pegunungan bersalju. Namun kemanapun kita melirik, arah kereta tetap satu, karena sebenarnya tempat kita kembali juga cuma satu.

Dan di kereta, kita ngga bisa sembarangan minta berhenti. Tapi tentu saja, bila telah tiba saatnya untuk berhenti di sebuah stasiun, kita harus rela menunggu beberapa menit. Kalau ada longsor, kita bisa terjebak berjam-jam. Tak sabaran, kapan sih kereta bisa melewati semua itu. Yang jelas, setiap kereta berhenti, siapapun bisa masuk. Mungkin orang baru, mungkin juga orang yang kita kira sudah keluar kereta melalui belasan stasiun yang sudah dilewati.
Ada saatnya kita menunggu, menebak-nebak siapakah yang akan datang. Apakah orang yang masuk itu akan duduk di bangku kosong disebelahmu itu? Apakah dia pemilik nomor tiket yang tepat? Ataukah hanya orang yang numpang lewat? Yah, hati-hati saja, siapa tau itu orang yang pura-pura punya tiket. Walaupun naik kereta itu menyenangkan, tetap harus siaga tingkat tinggi.

Kita pasti bertemu banyak orang disana, tapi naik kereta itu harus berani sendirian. Jujur saja saya pribadi kadang suka bergidik ngeri kalau harus sendirian. Padahal sendirian itu membantu kita untuk mendengar diri sendiri. Yah, dengarlah… Jusjus.. jusjus..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s