Akar

Buku biografi mengenai Alm. Kakek
Seorang mantan mahasiswanya menulis buku ini.

Akar bukanlah daunnya, daunnya bukanlah batangnya, batangnya bukan pula buah ataupun bunganya. Akar adalah akar. Tapi air adalah air. Air mengalir dari akar, air melewati batang, air melewati serat-serat daun, kemudian mengalir ke bunga yang di dalamnya merupakan bakal buah.
Sama seperti.. seseorang bukanlah leluhur seseorang, begitupula bahwa saya bukanlah ibu saya, dan ibu saya bukanlah kakek saya. Tapi, yang diturunkan pasti diwariskan. Tapi (lagi) kau baru akan sadar ketika ketertarikan terhadap sesuatu yang sama muncul ke permukaan. Itupun setelah kau menjalaninya, tanpa tahu menahu sebenarnya ada benang merah yang sama. Ayah saya pernah bercerita tentang ini, dari sudut pandang kepercayaan orang Jawa bahwa hal seperti ini ada ceritanya. Ah saya tak terlalu ingat ceritanya.

Akar. Sepertinya tema 2012 bagi saya adalah akar. Awal tahun diawali dengan masa lalu, dan akhir-akhir ini cerita Jawa dan pesisir Pontianak seperti memancing saya mencari tahu. Beberapa waktu lagi mungkin saya akan ada proyek video dokumenter di Pulau Kalimantan. Jadi, apalagi kalau bukan akar?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s