Hari Terakhir

Hari ini, seorang bu guru menangis.

Pukul 9 pagi, bu guru –dengan semangatnya yang selalu luar biasa– memimpin anak-anak masuk ke dalam kelas. Kelas kami berwujud sebuah ruang berjendela besar-besar di sebuah mesjid lantai 1 :)
Barisan anak-anak yang bu guru sebut dengan barisan kereta-keretaan kini tersisa hanya 3 orang. kemana yang lain?? Ternyata tertinggal di depan kelas karena sibuk melepas sepatunya masing-masing. Hari ini ramai sekali! :D Pasti lebih dari 30 anak karena 30 kertas kereta api yang kami persiapkan habis, ludes! bahkan ada yang tidak kebagian :'(

Berbeda dengan bu guru lain yang sudah berkelompok dengan beberapa anak, saya hanya berduaan dengan Awab –si kecil pendiam yang senang memainkan layar sentuh ponsel pintar saya. Tapi tahukah kau, sebenarnya dia bukannya pendiam, hanya saja bahasa sehari-harinya adalah bahasa sunda. Beberapa hari lalu, saya pernah memergokinya berbincang dengan seorang bu guru menggunakan bahasa sunda x) kyaaa lucunyaaa~ Jadi, barangkali bahasa indonesia adalah bahasa asing untuk Awab.
Awab –yang kemudian baru saya tahu bahwa ternyata namanya adalah Nawaf– pintar sekali merobek kertas. Saya gemas melihatnya tekun. Wah, makhluk kecil ini bisa serius, hihi.

Satu jam berlalu, bernyanyi dan berdoalah kami sebagai seremonial berakhirnya kegiatan pagi itu. Satu persatu (dan random), anak-anak menghampiri para bu guru untuk mencium tangannya (sebenarnya saya lebih suka jika memeluk mereka satu persatu x)). Saat itulah, saya lihat bu guru –yang semangatnya selalu luar biasa itu– menangis. Beberapa ibunya anak-anak menghampiri dan memeluk bu guru. Akan tinggal di luar kota untuk S2, kata bu guru. Terimakasih untuk 9 bulan ini, katanya lagi.

Aku belum lama mengenalmu kak Naya, tapi aku tahu sayangmu pada anak-anak ini pasti lebih dari yang bisa aku bayangkan :’)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s