Jaringan GSM/WCDMA Samsung Galaxy Notes N7000

samsung-galaxy-note-white-picturesSaya pengguna Samsung Galaxy Notes (SGN) sejak 3 bulan yang lalu. Seperti layaknya smartphone lainnya, SGN saya pakai untuk koneksi mobile internet. Sayangnya kecepatan internetnya tidak secepat jika saya buka internet di laptop. Bahkan seringkali packet data tidak bisa digunakan, padahal saya sudah berlangganan internet unlimited per bulan pada salah satu provider terkemuka. Sinyal selalu menunjukkan simbol E, alias EDGE, tapi tak terlihat ada transfer packet data (ditunjukkan dengan warna hijau dan oranye yang kelap-kelip bersamaan di pojok kanan atas, terkadang tidak ada warna sama sekali). Saya sudah berlangganan, tapi koneksi internet jarang sekali bisa berjalan mulus sehingga saya lebih mengandalkan wi-fi di spot umum. Frustrasi, saya menyalahkan provider, maka saya ganti sim card.

Provider yang saya pilih kali ini sebut saja provider terkenal, hasil dari ‘promosi’ beberapa teman saya yang smartphonenya menggunakan provider itu. Setelah mencoba smartphone teman saya, terasa bahwa ternyata memang internetnya cepat. Jadilah seminggu yang lalu saya langsung mengambil paket unlimited berlangganan setahun, Rp750.000,- untuk 12 bulan.

Puas?

Ah, ternyata sama saja. Tidak ada perubahan. Saya malah makin stress memikirkan harus bertahan dengan kondisi itu selama setahun ke depan. Jadi, apa yang salah? Dimana salahnya? Kenapa begini? Jual saja? Padahal SGN ini layarnya lebar, sangat menyenangkan jika digunakan untuk memotret ketika saya tidak bisa bawa DSLR. Seakan-akan saya punya digicam 8 megapixel merangkap notes merangkap koneksi internet yang selalu bisa saya bawa kemana-mana.

what the hell is wrong with my SGN?

Saya putar otak. kenapa koneksinya hanya EDGE? masa’ sih smartphone canggih begini ngga punya koneksi 3G? trus apa itu HSDPA yang suka disebut orang-orang? Jadi mungkin harusnya bisa kan ya berubah jaringan dari EDGE ke 3G atau HSPA?
1. Saya tanya di tempat langganan handphone di Ambasador. Sepertinya si mbak tidak berpengalaman soal SGN. Maklumlah, pengguna Samsung di Indonesia jumlahnya tak sebanyak pemakai BB.
2. Saya bolak-balik halaman user guide paketan dari box SGN, berkali-kali dan saya tidak menemukan apa-apa terkait cara mengubah jaringan. Hanya disebutkan bahwa SGN kompatibel dengan jaringan selular quad-band GSM/EDGE dan W-CDMA/HSPA+.
3. Di google juga demikian, ada sih penjelasan tentang mengubah jaringan tapi sepertinya jaringan di luar negeri berbeda dengan di sini sehingga menu Settingannya juga berbeda.

Tadi malam kekesalan sudah sampai ubun-ubun, masa’ iya saya harus mencari tempat ber-wi-fi agar bisa menggunakan internet smartphone? Akhirnya saya mengutak-atik menu Settings. Apapun yang terjadi, internetnya harus lancar. Titik.

Dan BERHASIL, sodara-sodara!!

Ternyata simpel sekali. Walaupun ngasal, seharusnya saya bisa lebih berani ngulik Settingan. Yah maklumlah, saya ngga ngerti-ngerti banget soal jaringan seluler hehehe. Beda antara 3G EDGE dan HSDPA aja (tadinya) saya ngga tau.

Yasudahlah, saya akan berbagi tips bagaimana agar jaringan SGN bisa berubah dari yang tadinya hanya bisa EDGE jadi bisa terkoneksi di 3G dan HSPA.

1. Masuk menu ‘Setting’
2. Pilih ‘More…’
3. Pilih ‘Mobile networks’
4. Lihat ‘Network mode’. Sebelumnya, di saya tersetting ‘GSM only’. Ternyata ini yang menyebabkan jaringan yang terkoneksi hanya EDGE*. Ubahlah jadi ‘GSM/WCDMA (Auto mode)’ seperti gambar di bawah:
image
Pilihan ‘GSM only’ akan memaksa handphone untuk menggunakan jaringan EDGE walaupun koneksinya saat itu sedang tidak bagus. Dengan diubah menjadi GSM/WCDMA (Auto mode), handphone bisa memilih sendiri jaringan apa yang available di tempat itu. Pilihan WCDMA* akan memungkinkan handphone menggunakan jaringan 3G atau HSPA.

Untuk sesaat, penggunaan packet data akan dihentikan oleh sistem. Ditunjukkan dengan tidak adanya simbol transfer packet data seperti ini:
image

Kemudian nantinya akan terlihat seperti ini untuk 3G:
image
dan seperti ini untuk HSPA:
image

Selamat!! Anda bisa menggunakan jaringan 3G dan HSPA+!!
Simpel sekali bukan?

Berkat ini dan berbekal wikipedia, saya jadi sedikit tahu mengenai GSM, 3G dan HSPA+. Singkatnya begini:
GSM atau Global System for Mobile Communication merupakan teknologi generasi kedua (2G).
EDGE atau Enhanced Data rates for GSM Evolution adalah teknologi evolusi dari GSM dan disebut juga 2.75G.
W-CDMA atau Wideband Code-Division Multiple Access atau biasa ditulis Wideband-CDMA, merupakan teknologi generasi ketiga (3G) untuk GSM, biasa disebut juga UMTS (Universal Mobile Telecommunication System).
HSPA atau High-Speed Packet Access merupakan hasil pengembangan teknologi 3G gelombang pertama dan disebut juga 3.5G.
Sedangkan HSPA+ merupakan pengembangan 3G yang disebut juga dengan 3.75G.

Advertisements

32 thoughts on “Jaringan GSM/WCDMA Samsung Galaxy Notes N7000

  1. Dhenis Fetrasia says:

    salam…..
    Mw nanya…. Saya juga pemakai sgn. Ketika jaringan saya rubah ke automode memang muncul h atau 3g, tpi jika dipaksa buka website, saat itu juga sinyalnya akan hilang(ada simbol bulat dan garis miring) dan harus keluar dari internet dulu baru 3g nya akan muncul kembali. Klo pakai gsm memang resikonya hanya dpt edge tapi stabil. Ada solusi? Thanks…..

    • Stephen says:

      Halo, mau ikutan nimbrung nich..

      Soalnya saya juga mengalami hal yang sama, dan setelah diselidiki, ternyata sepertinya tidak semua handphone/tablet (terlebih handphone/tablet keluaran terkini) yang mensupport internet di jaringan EDGE (mungkin karena jaringan 3G jangkauannya sudah dirasa cukup kuat di supply oleh operator, jadi buat apa repot2 buat device yang masih pakai EDGE :-p) walaupun tetap pada kenyataannya, jaringan EDGE masih lebih luas jangkauannya ketimbang jaringan 3G.

      Untuk produk samsung sendiri yang saya rasakan jika internetan di jaringan EDGE, maka akan terasa lambat sekali (walau pakai operator yang bagus sekalipun), bahkan cenderung tidak bisa connect internet, namun jika di jaringan 3G (asal dapat minimal 3 bar) maka internetan akan menjadi lancar jaya…

      Nah jika diawal muncul signal H atau 3G namun begitu buka website signal hilang atau menjadi EDGE, itu berarti signal 3G yang didapat sebenarnya belum cukup kuat untuk dipakai untuk internetan, maka si hp/tablet akan otomatis mencari jaringan 1 level di bawahnya (3G -> EDGE), namun karena hp/tablet tidak support koneksi internet di jaringan EDGE, jadilah tidak bisa connect internet sama sekali.

      Sejauh ini yang saya rasakan lancar menikmati jaringan EDGE secara full performance (handphone yang masih membuka untuk bisa dipakai berinternetan di jaringan EDGE adalah nokia), selain itu sepertinya koneksi jaringan EDGE di batasi (block) dari sisi handphone/tablet nya.

      Mungkin kah hal ini hanya dirasakan oleh saya saja atau ada teman2 lain yang juga merasakan yang saya rasakan? ;)

  2. Firman says:

    T I P S . Untuk solusi kasus data selular, ini mungkin terselesaikan. Namun mungkin anda akan melihat ” signal bar” yang tidak penuh jika anda berada di wilayah tertentu yang padat dan dalam gedung yang tidak ada fasilitas Wi-Fi , sehingga mau berkomunikasi biasapun kadang menjadi agak sulit. Nah mungkin di situasi ini anda perlu merubahnya kembali ke “GSM only” agar sinyal bertambah, sehingga memudahkan anda untuk berkomunikas, tapi tidak begitu cepat saat browsing. Jadi setting ini mungkin perlu anda ingat. Apalagi sekarang kadang signal provider sudah tidak sama lagi di setiap wilayah di Jakarta sekalipun. Semoga bermanfaat.

  3. wibowo says:

    kenapa simbol “H” atau “G”
    di samsung kk saya bisa hilang . . ?
    ada solusi g gan . . kalau ada tolong sms ke nomor 0853 4622 1156

  4. bagas says:

    Saya Sudan mencoba… Dan ketika saya pilih ITU tetapi tidak may terpilih me mode terse but,…. Malah me mode awal.. INI gimana ya gan supaya visa 3g… Thanks… Bal as info pleas

  5. johan says:

    maaf gan , mau tanya kenapa samsung note 1 saya tidak ada muncul tulisan H ataupun H+ , saat ini hanya muncul tulisan 3G saja , apakah ada bermasalah atau tidak gan ?
    tolong solusi nya gan

  6. panggih says:

    Bagus bro,,,artikelnya, ane pake LG L70, juga gak ada informasi 3g,,,tapi kode kecil juruf ‘H’, ternyata menandakan koneksi L70 di atas 3g,,,,jadi gak ragu lagi deh sama L70

  7. erick says:

    gan gw udah ubah dri GSM saja ke GSM / WCDMA (mode otomatis) tapi gk bisa… langsung berubah lagi jadi GSM saja… yang bisa pantu plisss

  8. ana says:

    saya juga pakai note n7000 tapi di setting kaya punya kakak kok ga bs ya ga ada opsi auto mode..adanya cuma 3G only sama 3G/LTE trus gmn donk..cz signal nya ga pernah H lemot bgt

  9. ismail bin jaafar says:

    Saya menpunyai dua sim card.satu celom yang hanya saya gunakan untuk panggilan sahaja manakala satu sim card maxis untuk internet .dimanakah saya perlu letak gsm dan wcdma pada sumsung duos saya ini.

  10. Adiit Raditya says:

    Gan saya pake samsung tab3 lite saya sudah coba ke wcdma only, tpi malah gk ada sinyal sama sekali bos, malah panggilan darurat z. Kalau wcdma/Gsm kadang muncul kadang hilang sinyal H ea gan, mohon masukan ea invite 59f81892

  11. imam says:

    menurut web2 yang saya baca note 1 tersedia jaringan 4G apakah itu benar, tetapi setelah saya cari2 tidak ada pengaturan yang menuju ke jaringan 4G

  12. anggara says:

    Bro ane baru dpt hp bekas ni note 1 korea kiriman tmn. Yg anehnya . Jaringannya cuman 4g lte sama 3g doank . Dan itu pun ga bisa di auto mode . Sinyal juga susah nangkep . Gw pake im3 . Ga ada masalah d sim card. Krna gw coba tes d hp samsung lain koneksi lancar . Mohon pencerahannya bro

  13. Ronjay says:

    Sy pengguna samsung note 2 type SHV-E250K made in korea..kenapa sinyal H/H+ ga pernah muncul ya..padahal sinyal 3g dan LTE nya bagus.mohon pencerahan nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s