My Version of 2012

2012 adalah tahun yang menarik. Saya tidak belajar skill tertentu, tapi tahun itu seakan-akan merupakan mesin waktu berdimensi 3: past, future, and present. Bukan past-present-future ya. Tapi masa lalu, masa depan, dan masa kini. Begitu urutannya.

***

Past
Sejak kecil saya tertarik oleh hal-hal yang berhubungan dengan profesi almarhum kakek-kakek saya, padahal saya baru tahu fakta-fakta itu di tahun 2012 dari cerita kedua ortu saya. Saya belum pernah bertemu (alm) kakek-kakek buyut. Dan saya berinteraksi dengan (alm) kakek-kakek saya tanpa tahu profesi/reputasinya apa. Tapi sepertinya ketertarikan terhadap suatu hal bisa saja diwariskan melalui DNA, dari masa lalu, untuk masa depan. Saya percaya itu :)

Kakek buyut dari mama adalah seorang saudagar

Istilah saudagar mungkin terdengar terlalu keren, jadi supaya lebih sederhana mari kita istilahkan saja dengan inisiatif men-duit-kan sesuatu atau dapat melihat kesempatan dalam kesempitan atau entahlah.
– Waktu SMP saya pernah jualan pembatas buku yang saya buat sendiri. Tapi hanya bertahan sebulan, terjadi konflik pertemanan saat itu.
– Waktu SMP kelas 3 saya suka disuruh dimintai tolong ngerjain PR pelajaran Tata Busana & Seni Rupa milik orang lain. Simpel karena menurut teman-teman segala hal yang saya kerjakan dengan tangan saya hasilnya rapi, kerjanya cepat dan terlihat mudah selesai. Dan mereka MAU bayar tinggi untuk ini. Satu kali mengerjakan PR, saya bisa dapet Rp8000-Rp12000. Biasanya saya ngga mau, tapi lama-lama tawarannya naik. Sebenarnya saya sama sekali ngga punya masalah keuangan, tapi uang-uang itu saya pakai untuk beli komik. Saya suka dimarahi ortu kalau kebanyakan beli komik pakai uang jajan. Tapi karena saya menghasilkan uang sendiri, yah lumayan, turut menyumbangkan koleksi komik saya yang totalnya sampai 700an buku.

Kakek buyut dari papa adalah seorang dalang wayang kulit

– Saya menyukai wayang….. terjadi begitu saja. Entah sejak kapan. Tidak ada momen khusus yang membuat saya oh wow saya suka wayang. Yang saya ingat hanya bahwa adik saya waktu kelas 1 SD suka terbangun tengah malam sampai akhirnya nonton wayang di TV berdua dengan Kakek saya. Sayangnya kalau saya lagi nginep di rumah kakek saya waktu itu, saya ngga pernah terbangun tengah malam. Pokoknya saya pikir wayang itu endonesia banget. Keren. Cool. Ukirannya menarik.

Kakek dari mama adalah seorang tokoh pendidikan Kalimantan Barat

– Waktu SD kelas 4, saya pernah bikin perpustakaan kecil di rumah untuk umum. Saya punya dua rak besar buku anak-anak! :D Bahasa inggris dan bahasa indonesia! Tapi perpustakaan itu hanya bertahan sebulan karena sedikit sekali orang yang datang dan saya pun bosan.
– Tahun 2003, ketika baru lulus SD, saya minta mama membelikan buku Totto-chan. Sebenarnya buku itu tergolong cukup tebal untuk anak usia 13 tahun. Tapi ketika saya membaca sinopsis di belakang bukunya, ternyata menarik sekali! Ceritanya adalah seorang anak yang dikeluarkan dari sekolah karena dianggap sebagai anak nakal, padahal ia hanya memiliki rasa ingin tahu yang besar. Saya waktu itu berpikir wah gue banget. Iya, waktu kecil saya sering sekali dimarahiiiiii TT_TT Kalau diingat-ingat, sebenarnya saya cuma ‘punya kelebihan ide’.
Setelah baca buku itu, saya sedih. Kenapa SD saya tidak semenarik Tomoe Gakuen? Kenapa masa SD saya BARU SAJA berlalu? Saya jadi ingat ketika TK & SD di Nevada, menyenangkan. Jadi sejak saat itu saya berkesimpulan, BELAJAR SEHARUSNYA ADALAH KEGIATAN YANG MENYENANGKAN. Menyadari bahwa saya hanyalah anak ingusan baru lulus SD, I thought I should just shut up and deal with the damned world infront of me. Nanti jika telah tiba saatnya, I can do just anything I want.
Yang saya pendam 10 tahun ini akhirnya tersalurkan di sekolah kecil :’) Yah, saya tahu yang namanya playgroup memang seharusnya menyenangkan, tapi semoga yang saya lakukan itu adalah the little steps of a something bigger :)

Kakek dari papa adalah seorang tentara dengan spesialisasi analisis*medan*tempur*ilmu*bumi

Wah lihat saja sekarang saya kuliah di fakultas apaaaa ehehe.

***

Future
:)
I have soooo many plans and ideas. Tapi tentu saja masa depan adalah masa yang penuh pertanyaan dan kepasrahan pada-Nya. Berikut adalah TOP 2 dari sekian banyak rencana.

1. Sejak kerja praktek di Bali, saya baru menyadari bahwa saya menghabiskan 21 tahun hidup saya tanpa benar-benar ‘keluar’. Saya ingin bepergian. Saya ingin pergi. Doa saya dikabulkan dengan liburan mendadak saya bulan Juli tahun ini ke Hong Kong, dan juga lebaran 2012 di Pontianak. Dunia bukan cuma Bandung dan Jakarta. Dunia bukan cuma Indonesia. Kemudian terbesit negara itu… Kanada, tempat lahir beta :) Seperti apa tempatnya? Konser Jazz apa yang dulu mama & papa tonton? Saya dilahirkan di rumah sakit mana? Di mana saya pertama kali menangis? Musim Semi. April. Suatu hari nanti setelah gelar S.Si tercapai, saya ingin sekali ke sana, bulan apapun itu.

2. Mungkinkah Jawa tempat pulang selanjutnya yang satunya? Jikapun bukan, tempat pulang selanjutnya yang satunya pasti lebih cocok daripada Jawa :)

***

Present
2012 adalah review hidup 22 tahun lebih sekian sekian. Merasakan kembali apa-apa saja yang telah dilalui, merasakan bahwa semua itu cukup untuk membentuk diri yang sekarang sebagai modal masa depan. Mengetahui apa yang sungguh-sungguh dicita-citakan dan menyadari bahwa tak mungkin selamanya saya menganggap kalau saya adalah seorang anak usia 15 tahun yang terjebak di tubuh wanita usia 22 tahun. LOLs :)))

It’s 2013, no more questioning, I know what I want, I know what step I should take, and I’m doing it right now :)

***

Kita semua punya masa lalu, kita semua punya cita-cita, tapi hadapi dulu apa yang ada di depan mata
KARENA itu adalah bagian dari langkah kecil kita memperjuangkan cita-cita.
Have a great day fellas..
I hope you guys are also doing your best in achieving your dreams

:)

“Catch my breath, no one can hold me back,
I ain’t got time for that
Catch my breath, won’t let them get me down,
It’s all so simple now..”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s