Clarity

Di sebuah tempat, sebuah event jelas terjadi, tapi bagaimana dengan ketersampaian beritanya di tempat lain? Beredar gosip. Kabar burung. Berita yang tidak sengaja maupun yang disengaja dipelintir.
Kita ini ditipu ketidakjelasan.

Jika belum jelas, maka itulah kesempatan untuk membuat kejelasan. Apalagi jika ketidakjelasan itu tidak ada dasar hukumnya, terutama sekali jika tidak ada yang berani membuat jelas. ‘Jelas’ bukan berarti benar, dan ‘kejelasan’ pun bukan pula berarti kebenaran.

bingung?
Dalam suatu perspektif, yang paling penting adalah ‘jelas’. Kebenaran tak menjadi soal.

Tidakjelasan adalah kesempatan. Kesempatan apa? Membentuk pendapat seseorang, membentuk massa, membangun people power, social movement, control. Tentu tidak mudah karena diam-diam banyak yang mengetahui kesempatan ini. Bagi mereka yang tahu, mereka sadar bahwa ada perang opini yang tak bisa diindera dengan sekedar melihat dan mendengar, tapi bisa diraba dengan berpikir. Bagi mereka yang tidak tahu, maka mereka pun tak tahu pula bahwa mereka adalah korban yang terpancing si pembuat opini.

Jadi, apa yang sedang terjadi di dunia? Tergantung. Tergantung siapa yang memiliki informasi, dan siapa yang mengambil kesempatan.

***

my biggest passion since high school?
mass media.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s