Lost Stars

1. Studi
Sejak awal September ini saya jadi mahasiswa S2 di sebuah universitas dep0k yang kampusnya di Salemba, jurusan Ge0fisika Reserv0ar. Surprisingly, saya senang dengan kuliahnya :) Terakhir kali saya ‘beneran tertarik’ dengan apa yang disajikan di kelas adalah ketika kelas 1 SMA, setelah itu semua yang saya simak sepertinya cuma mengawang-awang di kepala (kecuali hal-hal yang berhubungan dengan desain dan foto haha). Rasanya seperti dikasi gadget baru, ingin saya lahap semua fiturnya. Ngga gampang sih sebenarnya, saya harus menambal mati-matian ketidaktahuan saya di bidang ge0l0gi dan ge0fisika. Saya belajar tiap hari menyicil sedikit-sedikit, bikin rangkuman, google-ing semua hal yang bisa saya google, tanya langsung ke temen sekelas yang memang praktisi di bidang yang bersangkutan, dll. So far so good. Mungkin karena ini semua membuat saya merasa seperti detektif: punya tools, punya wawasan, kemudian menganalisis apapun yang bisa dianalisis. Cool pisan.

2. Selain studi

Selain jadi mahasiswa, saya juga jadi d0sen di sebuah universitas swasta di seberang kampus saya. Dosen bahasa inggris :P Ceritanya rada panjang sih haha. Intinya, saya mengajarkan mahasiswa S1 bagaimana mempelaj4ri paper internasi0nal agar dapat membantu mengerjakan tugas akh!r.

3. Kerja
This project I’m currently working on is by far the biggest project I have ever handled :) It’s a company re-branding project. I work on their logo design, company profile, photo stock, and every other company identity. It’s super fun and it’s always been my dream to work on this kind of job. But to be honest I’m kinda overwhelmed by having to study at night, to prepare lecture, and making time to workout, all simultaneously. So I’m still thinking about whether I’ll continue this freelance activity or not :P

4. Fitness
Memasuki bulan ke-3 fitness, yang paling saya rasain manfaatnya adalah stamina meningkat secara eksponensial… ng oke ga selebay itu juga sih ahaha. Selama ini saya punya asma dan tekanan darah rendah. Biasanya kalo jalan kaki atau motret selama 2-3 jam bisa langsung kumat, dan inilah yang bikin saya sering menghuni pos medik waktu ospek S1 (dan juga yang bikin saya ngga melanjutkan olahraga kendo, ngga kuat bro). Sekarang motret seharian no problemo, field trip yang jalan sampe 5 jam pun ga masalah, ngga gampang sakit dengan kesibukan sekarang yang ‘maraton’ banget. Yang penting buat saya harus latihan rutin minimal 3x seminggu. Urusan berat badan sih sebenernya bukan target utama, tapi ternyata baju saya pada kegedean semua akhir-akhir ini hahaha. Workout is kinda addicting, once you get results, you will wanting to get more of it, more and more. Saya kira latihan cardio aja cukup seperti di treadmill, cycling, ikut kelas zumba, dll. Tapi ternyata penguatan otot juga penting untuk me-maintain stamina. Memang sih rada lama untuk menguatkan otot, tapi itu nantinya pun akan bertahan relatif lebih lama jika kita tidak sempet latihan.

All these activities are absolutely fun, although I reallly need to manage my time more seriously :P
Satu hal yang saya pelajari adalah semua kegiatan ini datang setelah saya menyadari bahwa ternyata selama ini saya kurang bersyukur dan kurang bijak dalam menghadapi ekspektasi keluarga. Waktu saya cerita ke nenek bahwa saya jadi dosen bahasa inggris, beliau tiba-tiba sumringah lebar, tak berkata-kata, dan saya jadi merasa nyaman luar biasa. Mungkin karena dulu sebelum sakit parkins0n beliau sempat jadi dosen bahasa inggris juga. But don’t get me wrong, I my self do like to teach something. UNLESS that something is math or chemistry or physics.
Tiap orang punya jalannya masing-masing. Dan ketika menemui jalan buntu, yang harus kita hadapi pun adalah diri kita masing-masing. Sebelum nyalahin orang lain, we must look into ourselves, mungkin niat kita yang salah, mungkin kita yang sedang jauh dari Pencipta.

Who are we? Just a speck of dust within the galaxy
but are we all lost stars, trying to light up the dark

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s