Panduan Singkat Online Shop (Part 2)

f3c654770f2ca21a5ccd846146e9ed81
Melanjutkan Panduan Singkat Online Shop (Part 1), berikut adalah 3 jenis e-commerce yang umum ada di Indonesia. Sekali lagi, deskripsi ini tidaklah mutlak, karena teknologi dan inovasi e-commerce akan terus berkembang.

4. Iklan Baris
Ini apa? Ini mirip model online shop C2C/marketplace, perbedaannya adalah pihak pemilik website tidak memfasilitasi transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli. Dengan kata lain, website hanya berfungsi untuk mempertemukan calon penjual dengan calon pembeli. Siapapun bisa jadi penjual ataupun pembeli.
Contohnya? OLX, kaskus FJB, FJB group di Facebook
Buat siapa? Buat siapa aja, terutama buat kamu yang tipikal ‘butuh jual ini segera’. Terutama lagi, kalo kamu nyari barang kolektor, barang antik, atau barang second.
Aman ngga belanja disini? Tergantung. Waktu kita mau beli sesuatu, metode pembayaran kan didiskusikan langsung dengan penjual. Nah, demi keamanan, website penyedia ‘iklan baris’ ini selalu merekomendasikan COD (Cash on Delivery). Artinya si penjual dan pembeli ketemu langsung, cek barang, kalo cocok (cocok barang dan cocok harga), langsung bayar, beres.
– Saya hampir selalu COD setiap bertransaksi di model e-commerce seperti ini. Mulai dari jual kamera DSLT, jual flash Nikon, beli lensa Minolta, dll. Tapi kalo cuma beli mainan lampu sih transfer via bank aje.
– Yang jelas, jangan males cek reputasi penjual. Kalo di kaskus itu biasanya yang ‘cendol’ ijo-ijo nya banyak itu. Satu lagi, jangan mudah tergiur harga murah ya folks! Selalu cek review dari pembeli sebelumnya, apakah barang tersebut sesuai dengan deskripsinya atau tidak. Saya biasanya kalo ada 1% keraguan pun pasti langsung ga jadi beli. Apalagi kalo penjualnya ‘takut-takut’ untuk menjual barangnya ke kita sampe dia minta DP (Down Payment) duluan. Saya mending nyari offline ngubek-ngubek Mall Ambassador 4 lantai beserta ITC Kuningan daripada harus berdebat dengan pihak yang kurang jelas. Be safe guys.

5. E-commerce Shopping Mall
Ini apa? Ini juga mirip model C2C/marketplace dengan fungsinya sebagai fasilitator transaksi antara penjual dan pembeli, perbedaannya adalah tidak semua orang bisa langsung pasang iklan buat jual barang. Model e-commerce ini hanya berkerjasama dengan pihak yang sudah di-screening secara ketat. Ada yang merupakan distributor resmi brand besar (lokal/internasional), ada juga yang merupakan kerjasama dengan Badan Usaha yang sudah berjalan.
Contohnya? blibli, bhinneka, MapEmall, Matahari Mall
Buat siapa? Buat pembeli yang nyari barang 100% mutlak original sesuai websitenya. Buat penjual yang siap dengan keseluruhan sistem penjualan yang rapi.
Aman ngga belanja disini? Seperti model B2C (Business to Consumer), most likely aman. Karena proses screening yang mereka lakukan itu cukup ketat.

6. Model O2O (Online to Offline)
Ini apa? Selain bisa menggunakan metode pembayaran umum (seperti bank transfer, kartu kredit, COD) ada juga opsi O2O. Yaitu pembeli membeli secara online dan mengambil produknya langsung di semua cabang toko tersebut.
Contohnya? Matahari Mall (ternyata Matahari Mall adalah pionir sistem O2O ini)
Buat siapa? Buat pembeli yang perlu barang tersebut hari itu juga (karena sistem O2O memungkinkan pembeli untuk langsung ‘menjemput’ barangnya). Selain itu, sepertinya selalu ada promo barang-barang O2O seperti yang ini.
Aman ngga belanja disini? Seperti model B2C (Business to Consumer), most likely aman. Karena proses screening yang mereka lakukan juga cukup ketat seperti model E-commerce Shopping Mall.

———————————-

That’s all tentang jenis-jenis online shop di Indonesia versi tahun 2016 (Q1). Nantikan Part 3, yaitu cerita mengenai pengalaman saya beli barang di berbagai e-commerce. Adios.

Image Source: https://id.pinterest.com/pin/395331673519891619/
More readings: http://veryfund.co/blog/jenis-jenis-e-commerce-dan-contohnya/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s